karena capek kucing kucingan, motorku saya cek sebenere apa penyebab lampu selalu putus di RPM tinggi.
- Buka dek sebelah kanan ( atas bak Kopling ), Lepas 4 baut 12 begel belakang dan begelnya, 3 skrup kecil dek make obeng, 2 baut samping menggunakan Obeng +.
- Menggunakan Multi tester Dari SPull ada keluaran kabel kuning polos ( kabel ini terhubung langsung ke Saklar lampu kepala, sebelah pemutar gas/rpm ) yang saling terhubung dengan konektor saya lepas, kemudian saya hubungkan dengan Multitester, dan motorpun saya nyalakan dengan RPM tinggi, nah loh ketahuan Voltase dari Spull Berlebihan, nyampe 20V di Rpm tinggi, ini ni penyebabnya lampu menjadi mati/putus filamennya.
- karena males otak-atik spull ato bongkar spull, saya akali saja sumber arus lampu kepala tidak dari Spull langsung tapi saya rubah dari batere/aki, biar agak kere'nan dikit juga sih, mesin belum nyala tapi lampu kepala bisa dinyalain duluan, he.....he....,
- Konektor yang tadi terhubung ke spull ( kabel berwana kuning polos ) , saya lepas dan menggunakan kabel tambahan, hubungkan dengan kabel berwara hitang yang terhubung ke switch rem menggunakan kabel tambahan kira2 15cm nan. dan ini tidak harus merusak konektor, bila nanti jalurnya di standarkan maka hanya perlu melepas kabel tadi dan kembalikan ke konektor aslinya.
maaf gambar saya ambil dari downlotan yang sumbernya saya lupa, tapi motor sya plek seperti itu, cuma saya scotlet item.
Selamat mencoba.
No comments:
Post a Comment