Memperbaiki Lampu Kepala / Head lamp Espass yang mati

Kali ini kita akan membahas, tentang cara memperbaiki lampu kepala yang mati langsung pada kendaraan.  Pada kendaraan khususnya mobil lampu kepala setiap lampu yang beredar mempunyai daya 90/100 watt, maksudnya 90watt untuk lampu dekat dan 100 watt untuk lampu jauh, pada mobil terpasang 2 lampu yaitu kanan dan kiri sehingga pada waktu bersamaan arus yang dialirkan dari aki sekitar 7 ampere setiap lampu, sehingga untuk 2 lampu aki atau batere harus mensuplay sekitar 14 ampere, tentu saja dengan arus yang sebesar ini harus di hindari masuk pada saklar kombinasi yang berada di belakang setir, jika dipaksakan akan merusak saklar kombinasi karena kabel dalam saklar kombinasi panas. dengan beban arus yang sebesar itu ditambahkanlah relay untuk memindahkan jalur arus besar tadi dari saklar ke relaysehingga beban saklar tidak lagi 2 buah lampu 90/100 watt tapi hanya sebuah relay yang hanya memerlukan 1-3 ampere, walaupun beban aki bertambah 1-3 dari akibat penambahan relay ini.

relay mempunyai 4 terminal ( 87-30, 85-86 ), pada relay angka angka ini ditunjukan posisinya ( rangkaiannya pun ada ),konsepnya adalah 

87 disambung untuk beban ( kabel besar ) , dalam hal ini adalah 2 buah lampu 90/100 watt

30 disambung untuk sumber arus ( kabel besar ) ke plus aki

85 disambung ke ground ( - aki ) bisa kabel kecil

86 disambung ke saklar ( kabel kecil ) tidak harus ke saklar kombinasi, tapi dalam hal ini adalah saklar kombinasi


kembali ke proses perbaikan lampu yang akan kita kerjakan beberapa hari ini kendaraan yang saya gunakan lampu dekatnya tidak bisa menyala, beberapa hari sebelumnya menyala dengan syarat, yaitu rumah relay harus di pencet-pencet dulu baru lampu bisa menyala, yang mana rumah relay ini  kalo dipegang terasa panas. dari sini saya menyimpulkan bahwa ada sesuatu yang salah di sekitar rumah relay, maka  saya putuskan untuk membongkar rumah relay dan benar saja rumah relay sudah retak / getas dan skun2 sudah kendor karena mungkin faktor panas dan timbul karbon yang menjadi tahanan arus listrik mengalir ke relay.

sebelum saya melanjutkan untuk mengganti skun saya cek dahulu relay apakah masih dalam kondisi baik atau harus diganti, dengan cara memutar saklar kombinasi 2x maka relay harus keluar bunyi cetek. dan ternyata benar keluar bunyi, dan cek keluaran terminal 30 dan 87 menggunakan  multi tester kedua terminal tersebut ( 30 dan 87 ) tersambung. jika tidak tersambung ganti saja.

selanjutnya saya mengecek apakah lampu masih nyala atau tidak dengan cara menyambungkan kabel dari terminal 30 dan 87 dengan kabel, dan ternyata nyala sehingga saya langsung memutuskan untuk mengganti skun dan rumah relay.


untuk video komplitnya bisa di lihat pada vide dibawah ini.



https://youtu.be/e_smD8EYEDA

selamat menonton, dan semoga bermanfaat.

Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Yang Sering Di Baca

Post Terbaru