Ball joint merupakah salah satu komponen yang harus sering di rawat, karena jika rusak, selain ttidak nyaman, juga resiko berisik
-
Membongkar dan Memasang Kopling Sendiri
Perlengkapan sederhana untuk memasang kopling bagi dulur2 yang tidak mempunyai SST, agar transmisi bisa dipasang dengan mudah
-
Konsep Motor Hybrid
Konsep motor hibryd impian saya, setelah mengetahui sedikit tentang programming microcontroller
-
Modifikasi Jalur Lampu Honda Revo Absolut
Pengalaman Pribadi tentang bagaimana memindah jalur lampu revo agar stabil terangnya lampu
-
DIJUAL Daihatsu Charade 1.0
Monggo lur untuk di promosikan, kendaraan tua yang lumayan untuk menunjang aktifitas
-
Memperbaiki Sistem Rem
Pengalaman pribadi tentang rem, yang mungkin bisa membantu dulur-dulur semua dalam merawat sendiri kendaraannya
Sekedar analisa mengapa EFI Lebih Irit daripada Karburator
Salah satu alasan EFI Itu Irit, To The Point saja,
Prinsip Manajemen aliran bahan bakar karburator :
bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar akibat di sedot / ditarik dari karburator, penarikan ini terjadi karena kevakuman dalam ruang silinder pada proses hisap ( salah satu siklus motor 4 tak / 2 tak ), pada proses hisap ini pada pengaturan / perbandingan lubang pada spuyer / main jet akan memaksa sejumlah bahan bakar keluar dari bak penampung dalam karburator ke ruang bakar ( lewat manipold ).
selama ada proses kevakuman dalam ruang silinder atau manipold yang memenuhi tekanan untuk menarik campuran bahan bakar, selama itu pula akan terjadi proses pengeluaran bahan bakar dari bak penampung karburator ke manipol / ruang bakar ( saat hisap ). hal ini tentu saja bukan hal yang efisien jika diterapkan pada mobil, maka pada karburator ditambahkan selenoid untuk memutus aliran bahan bakar pada karburator saat kendaraan mulai di matikan, agar sisa putaran akibat mesin dimatikan tidak ada aliran bahan bakar dari karburator.
Prinsip Manajemen aliran bahan bakar EFI modern:
Saat ini hampir semua kendaraan baru prinsip manajemen aliran bahan bakar menggunakan EFI, bahan bakan yang di injeksikan ke dalam ruang bakar baik langsung maupun tidak langsung. Konsep efi Adalah bensin dipompakan dengan tekanan tertentu secara kontinyu, kemudian jumlah / volumen bahan bakar yang di keluarkan dari dari injektor tergantung waktu yang perintahkan oleh ECU, ECU akan memerintahkan injector untuk membuka berdasarkan minimal 2 sensor, yaitu TPS, kalo yang throtle bywire sebenarnya sama saja, dimana posisi Throtle digerakkan oleh motor steper yang di dicontrol oleh potensiometer / sensor gerak lainnya yang sebelumnya telah diolah entah oleh transitor atau mikrokontroller, sensor yang kedua bisa NE atau crank sensor yang digunakan untuk menghitung RPM.
Dari kedua sumber data ini menjadi alasan ECU untuk membuka injector dalam waktu tertentu yang bervariatif ( tergantung program yang dimasukkan ke dalam Mikrokontroler pada ECU ).
dari kedua prinsip diatas karburator dan EFI, kadang kendaraan kita saat kita gunakan, kita memanfaatkan engine brake untuk mengurangi laju kendaraan saat kecepatan tinggi dengan mengurangi tekanan pedal gas atau bahkan melepas dan menginjak rem. saat kondisi seperti ini pada kendaraan yang menggunakan karburator , bahan bakar yang di dalam bak penampung karburator akan tetap di paksa keluar berapapun RPMnya sedangkan pada kendaraan yang EFI akan langsung mengeluarkan sesuai dengan posisi TPS dan RPM mesin. ini adalah salah satu alasan mengapa EFI lebih irit daripada karburator.
kalo ada tambahan atau kekurangan, silahkan masukkan pada kolom komentar ya...
Membongkar Delco
Delco merupakan singkatan atau istilah distributor dan elco, walaupun komponen dalam delco sendiri terdiri dari beberapa komponen, diantaranya :
1. Tutup distributor, berfungsi untuk menyalurkan arus listrik yg dialirkan dari rotor delco
2. Rotor, sebuah komponen yg berputar mengalirkan oleh alur listrik dari central tutup elco. Berputarnya rotor di gerakkan oleh as nock as / as camsaft. Rotor sendiri tidak langsung terhubung dengan camsaft, tetapi dijembatani oleh sentrifugal advancer. Kita bisa merasakannya dengan memutar rotor pada saat kondisi mesin mati, yaitu dengan memutar sedikit rotor kemudian lepaskan, rotor akan mbalik.
3. Elco, atau elektrolit condensator atau kapasitor, pada cdi jenisnya kapasitor keramik yg posisi kutubnya bebas, sedangkan yg konvensional / masih mwnggunakan platina, kutub kapasitor tidak boleh terbalik. komponen ini digunakan untuk meningkatkan induksi pada coil saat discharging ( platina mengalami proses penutupan / menempel ).
3. Platina /kontak point atau bagi yg cdi, maka platina digantikan cdi, komponen ini digunakan untuk discharging arus dalam elco, saat discharging elco, induksi pada coil akan tinggi, sehingga arus tegangan tinggi akan lebih maksimal pada coil.
3. Vacuum advancer, komponen ini digunakan untuk memajukan timing pengapian karena tingginya kevakuman pada intake manipold, dengan menggerakkan rumah platina/cdi.
4. Sentrifugal advancer , digunakan untuk memajukan pengapian karena gaya sentrifugal yg diakibatkan oleh naiknya putaran.
Untuk pembongkarannya sendiri bisa dilihat pada link video di bawah ini :
https://youtu.be/nmq6qhKGZio
Cek Kaki Espass agar Gluduk2 berkurang / sukkur hilang
Selamat malam / siang / sore / pagi,
kita coba cek kaki2 espass sumber gludug :
laker, tie rod, karet shock support, karet depan sayap / lower arm, karet pegas daun dan kekencangan mur pada stabiliser.
Memperbaiki Lampu Kepala / Head lamp Espass yang mati
Kali ini kita akan membahas, tentang cara memperbaiki lampu kepala yang mati langsung pada kendaraan. Pada kendaraan khususnya mobil lampu kepala setiap lampu yang beredar mempunyai daya 90/100 watt, maksudnya 90watt untuk lampu dekat dan 100 watt untuk lampu jauh, pada mobil terpasang 2 lampu yaitu kanan dan kiri sehingga pada waktu bersamaan arus yang dialirkan dari aki sekitar 7 ampere setiap lampu, sehingga untuk 2 lampu aki atau batere harus mensuplay sekitar 14 ampere, tentu saja dengan arus yang sebesar ini harus di hindari masuk pada saklar kombinasi yang berada di belakang setir, jika dipaksakan akan merusak saklar kombinasi karena kabel dalam saklar kombinasi panas. dengan beban arus yang sebesar itu ditambahkanlah relay untuk memindahkan jalur arus besar tadi dari saklar ke relaysehingga beban saklar tidak lagi 2 buah lampu 90/100 watt tapi hanya sebuah relay yang hanya memerlukan 1-3 ampere, walaupun beban aki bertambah 1-3 dari akibat penambahan relay ini.
relay mempunyai 4 terminal ( 87-30, 85-86 ), pada relay angka angka ini ditunjukan posisinya ( rangkaiannya pun ada ),konsepnya adalah
87 disambung untuk beban ( kabel besar ) , dalam hal ini adalah 2 buah lampu 90/100 watt
30 disambung untuk sumber arus ( kabel besar ) ke plus aki
85 disambung ke ground ( - aki ) bisa kabel kecil
86 disambung ke saklar ( kabel kecil ) tidak harus ke saklar kombinasi, tapi dalam hal ini adalah saklar kombinasi
kembali ke proses perbaikan lampu yang akan kita kerjakan beberapa hari ini kendaraan yang saya gunakan lampu dekatnya tidak bisa menyala, beberapa hari sebelumnya menyala dengan syarat, yaitu rumah relay harus di pencet-pencet dulu baru lampu bisa menyala, yang mana rumah relay ini kalo dipegang terasa panas. dari sini saya menyimpulkan bahwa ada sesuatu yang salah di sekitar rumah relay, maka saya putuskan untuk membongkar rumah relay dan benar saja rumah relay sudah retak / getas dan skun2 sudah kendor karena mungkin faktor panas dan timbul karbon yang menjadi tahanan arus listrik mengalir ke relay.
sebelum saya melanjutkan untuk mengganti skun saya cek dahulu relay apakah masih dalam kondisi baik atau harus diganti, dengan cara memutar saklar kombinasi 2x maka relay harus keluar bunyi cetek. dan ternyata benar keluar bunyi, dan cek keluaran terminal 30 dan 87 menggunakan multi tester kedua terminal tersebut ( 30 dan 87 ) tersambung. jika tidak tersambung ganti saja.
selanjutnya saya mengecek apakah lampu masih nyala atau tidak dengan cara menyambungkan kabel dari terminal 30 dan 87 dengan kabel, dan ternyata nyala sehingga saya langsung memutuskan untuk mengganti skun dan rumah relay.
untuk video komplitnya bisa di lihat pada vide dibawah ini.
https://youtu.be/e_smD8EYEDA
selamat menonton, dan semoga bermanfaat.
Gulung Ulang Tensioner CB150R yang Klotok-klotok
Selamat sore semuanya,
kali ini kita akan membahas tentang cara gulung ulang / Meninggikan tegangan tensioner CB150R agar mesin tidak klotok2, cara ini sudah saya terapkan, alhamdulillah 2 tahun lebih sembuh dari klotok2 yang waktu itu baru 2 minggu dari dealer magelang.
alat yang digunakan cuma obeng minus kecil
dan kunci ring 8
keduanya terlihat di video.
langsung saja cek ini