Selamat malem temen2 yang kesasar di blog Ndeso ini, 3 hari terakhir saya kedapatan kasus dari customer tentang pengisian aki yang tidak normal, alternator tidak mau ngisi aki, alhasil setelah bongkar :
1. Lepas filter udara. Ada dua baut yatu diatas karbu dan yang pengunci di cylinder cop.
2. Lepas baut alternator ( m8 atau baut kepala 12 )
3. Kendorkan baut 14 yang ngunci alternator pada sisi bawah.
4. Lepas v-belt dari alternator.
5. Lepas mur kepala 10, dan lepas kabel yang ke aki pada alternator.
6. Lepas konektor dari kunci kontak dan lampu indikator.
7. Lepas 3 baut 12 pengunci dudukan alternator di mesin. Usahakan punya rachet dan fleksibel karena posisinya agak sulit untuk kunci biasa.
8. Lepas baut 14 yang tadi sudah di kendorkan.
9. Lepas alternator di turunkan ke bawah lewat sisi bawah antara rack steer dg bodi, kalo di tarik keatas akan nyankut komponen2 lain ( lebih report. Agar tidak terhentak / jatuh saat diturunkan gunakan tali dan turunkan perlahan.
10. Bongkar alternator.
Setelah di bongkar dan diperiksa, semua komponen kecuali regulator ternyata normal. Langsung saya putuskan ganti regulator. Nah masalah muncul, regulator karimun ini ( entah ori atau sudah modif ) susah dicari, magelang tmg pada ndak punya, secara tidak sengaja dirumah ada bekas espass ternyata sama dudukannya sama ( denso ) plek kecuali konektor yang ke kunci kontak. Nah sudah langsung saya putuskan menggunakan regulator zebra / espass dan eng ing eng .... berhasil.
Jadi disini saya sekedar share bahwa regulator esspass bisa menggantikan regulator karimun kotak ( di mobil yang masuk ini alternatornya ori atau tidak saya kurang tahu ya, yang jelas bisa digantikan dg puny zebra ), dengan catatan back plate nya sisi konektor di sobek sesuai lebar konektor punya espass. Konektor bawaan karimum silahkan untuk di ganti dg konektor espass.
No comments:
Post a Comment